Tips-Tips Keren Cara Menata Ruang Tamu Anda

Ruang tamu yang kecil terkadang membuat kita bingung sendiri bagaimana mengaturnya. Bahkan mungkin kita enggan mencoba karena takut ruang tamu akan tampak lebih semrawut.

Nah, tidak perlu bingung lagi. Sekarang, kami akan membagikan tips-tips menata ruang tamu minimalis yang mudah untuk Anda aplikasikan. Berikut ini cara-caranya!

Cara Menata Ruang Tamu

Menentukan titik fokus utama

menentukan titik utama ruangan
source : impressiveinteriordesign.com

Titik fokus ruangan adalah suatu area dimana jika seseorang memasuki ruang tamu atau ruang keluarga tersebut, pandangannya akan langsung terarah ke sana. Titik fokus ini bisa berupa apa saja, yang penting mencolok dan paling menarik perhatian.

Cara menata ruang tamu dengan memberikan titik fokus utama adalah menentukan apa yang hendak dijadikan titik fokus. Biasanya titik fokus berupa perapian, jendela, atau televisi. Namun, Anda bisa juga menempatkan furnitur sebagai titik fokus utama.

Misalnya saja meja di antara dua sofa. Meja pada gambar tersebut memiliki bentuk kaki yang sangat unik. Penempatannya di tengah sofa dan di atas karpet tebal, serta di bawah pencahayaan lampu menjadi sesuatu yang menarik.

Jangan menyandarkan furnitur pada dinding

jangan menyandarkan furnitur pada dinding
source : .goodhousekeeping.com

Cara menata ruang tamu yang selanjutnya adalah jangan terlalu menyandarkan furnitur pada dinding. Sebenarnya bebas saja jika Anda ingin menyandarkan furnitur pada dinding. Akan tetapi, menempatkannya sedikit menjauhi dinding bisa memberikan efek luas pada ruangan, meski ruang tamu Anda minimalis.

Menjauhkan sedikit furnitur dari dinding akan memberikan ruang bernafas yang baik. Selain itu, dinding menyerap air lewat gaya kapilaritas, itulah yang membuat dinding selalu lembab. Tentu saja Anda tidak mau furnitur-furnitur rusak dan berjamur karena ikut lembab kan?

Geser sedikit sofa-sofa cantik Anda ke tengah. Untuk built-in furniture seperti kabinet buku dan dekorasi seperti pada gambar, Anda bisa merawat barang-barang dalam kabinet tersebut dengan mengangin-anginkan dan membersihkannya secara rutin.

Buatlah area untuk mengobrol

buatlah area untuk mengobrol
source : pinterest.com

Percakapan yang nyaman adalah ketika orang-orangnya tidak perlu susah-payah mengulurkan leher atau berteriak untuk sekedar bicara. Salah satu cara menata ruang tamu yang paling penting adalah dengan membuat area untuk mengobrol seperti mendekatkan sofa-sofa.

Tidak perlu benar-benar berhadapan, sofa dibuat sedikit condong saja seperti pada gambar, itu sudah menjadi area mengobrol yang baik. Dengan model ini, Anda dapat saling berbicara dengan santai.

Selain itu, menempatkan meja dekat dengan sofa bisa menjadi suatu pendukung. Anda bisa meletakkan teh, kopi, camilan, majalah, dan teman mengobrol lainnya di sana sehingga obrolan Anda terkesan rileks.

Menata furnitur dengan seimbang

Menata furnitur dengan seimbang
source : amara.com

Menata furnitur yang seimbang bukan berarti Anda harus membeli furnitur-furnitur identik saja. Penataan ruang tamu yang seimbang adalah ketika furnitur tidak diletakkan berat sebelah, misalnya menempatkan furnitur besar di satu sisi saja dan membuat sisi lainnya kosong.

Sebagai contoh, Anda bisa mengaplikasikan cara menata ruang tamu yang baik dengan memposisikan sofa mengelilingi meja di tengah-tengahnya. Selain cantik dan rapi, pola ini akan membuat semua sisi ruang tamu berimbang.

Selain itu, tambahkan pula variasi furnitur. Jika sofa Anda berlekuk dan tampak empuk, pilih meja yang tampak kotak dan kaku agar terlihat unik. Sebaliknya, jika Anda memakai kursi kaku, maka pilihlah meja yang bundar untuk mengimbangi.

Pertimbangkan jarak antar furnitur

pertimbangkan jarak antar furnitur
source : amara.com

Mempertimbangkan jarak antar furnitur merupakan salah satu tips saat Anda menata ruang tamu. Anda tentu tidak mau tersandung-sandung furnitur saat berjalan karena penataan space yang buruk kan?

Pastikan ada jarak yang wajar untuk orang lewat di antara furnitur-furnitur ruang tamu tersebut. Jaraknya tidak perlu terlalu lebar dan jauh, cukup dengan proporsional. Sesuaikan saja space dengan besar ruangan Anda.

Menggunakan karpet yang tepat

menggunakan karpet yang tepat
source : amara.com

Area karpet yang baik adalah di bawah furnitur. Maksudnya, harus ada bagian dari furnitur yang masuk ke dalam area karpet. Misalkan saja jika Anda ingin meletakkannya di bawah sofa, tidak perlu semua bagian sofa masuk ke dalam karpet tersebut, apalagi jika karpetnya kecil. Anda bisa dengan memposisikan kaki depan sofa itu saja pada karpet.

Ukuran pun bisa disesuaikan dengan tata ruang tamu Anda sendiri. Karpet tidak harus selalu besar dan menutupi lantai seluruh ruangan, ia bisa saja kecil dan efektif.

Contohnya adalah karpet di antara sofa, meja, dan kursi seperti pada gambar. Warna karpet juga mempengaruhi. Jika ruangan Anda ingin terlihat netral, putih bisa menjadi pilihan.

Letakkan meja dekat dengan sofa

letakkan meja dekat dengan sofa
source : amara.com

Setiap tempat duduk harus memiliki akses mudah ke meja terdekat, terutama jika melibatkan minuman serta camilan. Sebaiknya, Anda mengaplikasikan cara menata ruang tamu yang tidak memaksa seseorang berdiri dan melangkah dari sofanya hanya untuk mengambil teh.

Meja yang ideal adalah ketika sejajar dengan tinggi kursi atau sofa serta bisa dijangkau tangan. Jarak antara meja dan sofa, meskipun harus tetap mempertimbangkan space dan keseimbangan, hendaknya tidak terlalu jauh.

Mengatur pencahayaan yang pas untuk ruang tamu

mengatur pencahayaan
source : amara.com

Kesan pencahayaan dapat berasal dari apa saja, termasuk warna cat ruang tamu sempit yang dipilih dan yang paling penting, cahaya itu sendiri. Cahaya untuk ruangan terdiri dari dua sumber, cahaya alami dari matahari dan cahaya buatan seperti pada lampu ataupun perapian.

Di malam hari, api perapian bisa memberikan kesan magis pada ruangan, namun tentu cahaya yang dihasilkan sangatlah buruk, apalagi untuk membaca. Oleh karena itu, Anda hendaknya mempertimbangkan cara menata ruang tamu yang baik yaitu dengan menambahkan lampu. Contohnya adalah standing lamp dengan bentuk unik yang diletakkan di dekat sofa.

Meskipun sudah ada lampu, cahaya natural tetap harus berperan. Membangun jendela yang luas di salah satu dinding bisa membantu. Jangan lupa tambahkan kaca yang dapat mereduksi sebagian cahaya matahari seperti kaca cermin atau kaca es karena terlalu banyak cahaya matahari dapat membahayakan kesehatan dan membuat ruang tamu menjadi silau.

Memajang hasil karya

memajang hasil karya
source : home-designing.com

Ruang tamu bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk memajang hasil karya, karya milik Anda sendiri maupun karya yang Anda mendapatkannya dari orang lain, contohnya lukisan. Cara menata interior ruang tamu yang tepat untuk menampilkan lukisan-lukisan tersebut adalah dengan menyesuaikan desain interiornya.

Jika dinding ruang tamu Anda tampak luas dan polos seperti pada gambar, menempatkan pajangan yang kecil akan terlihat sangat aneh. Maka dari itu, pilihlah lukisan yang besar untuk dipajang. Intinya adalah temukan proporsi yang sesuai.

Selain itu, lukisan yang dipillih hendaknya sesuai dengan tema ruangan. Jika ruangan terkesan elegan, maka lukisan lebih baik tidak terlihat terlalu ceria atau colorful. Pastikan lukisan yang akan dipajang itu sesuai dengan konsep ruang tamu Anda terlebih dahulu. Anda bisa menambahkan pigora jika ingin, namun memajang langsung kanvasnya saja juga bisa menjadi sesuatu yang estetik.

Apakah Anda sudah mendapatkan inspirasi untuk menata tata ruang tamu Anda? Banyak hal yang harus di pertimbangkan sebelum membuat interior ruang tamu yang indah. Namun perlu di ingat, hal yang terpenting adalah kenyamanan Anda sendiri. Karena walaupun terlihat indah, namun Anda tidak nyaman, tentu percuma saja. Semoga menginspirasi!