Desain Interior Ruang Tamu yang Nyaman Anda Sendiri

Interior ruang tamu menjadi penting karena ruang tamu merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari karakter diri kita. Karakter tersebut akan muncul dari atmosfer yang dihasilkan oleh dekorasi ruang tamu, desain interior ruang tamu, serta cat ruang tamu yang dipilih.

Tips Menata Interior Ruang Tamu yang Nyaman

Sebagian orang masih bingung bagaimana mengatur ruang tamu agar sesuai, Anda mungkin salah satunya. Nah, sekarang jangan lagi pusing karena kami akan membantu Anda menciptakan ruang tamu yang ekspresif tersebut melalui tips-tips tata ruang tamu sebagai berikut.

Pilihan warna ruang tamu

Lembut

pilihan warna ruang tamu lembut
source : jbirdny.com

Cat untuk dekorasi ruang tamu minimalis tidak selalu harus putih, apalagi jika Anda lebih suka warna lain. Dengan warna yang cenderung beragam, interior ruang tamu bisa terlihat lebih hidup, contohnya berbagai nuansa hijau seperti ruang tamu pada gambar di atas.

Untuk mewujudkan tema natural, hijau yang dipilih tidaklah terlalu tajam. Warna hijau yang agak lembut seperti dedaunan membuat ruang tamu terkesan segar dan rapi.

Bersemangat

pilihan warna ruang tamu bersemangat
source : rilane.com

Jika lembut bukanlah warna Anda, maka pilih warna yang mencolok, salah satunya oranye. Dinding ruang tamu yang seluruhnya dicat oranye akan menimbulkan efek penuh semangat bagi orang di dalamnya serta membuat optimis.

Apabila dalam dekorasi ruang tamu kecil Anda jendela menempati sebagian besar dinding sehingga tampak dominan, cat oranye polos bisa membuatnya lebih cantik daripada menggunakan dua warna sekaligus yang tampak berlebihan.

Memberikan tekstur pada interior ruang tamu

memberikan tekstur pada interior ruang tamu
source : csbest.site

Keberadaan tekstur dalam ruangan membuatnya tidak terkesan monoton. Tekstur yang dimaksud terletak pada kain pelapis furnitur, lantai, hiasan ruang tamu, dan sebagainya.

Jika selama ini sering dijumpai sarung bantal sofa yang berbahan katun halus serta hanya terdiri dari satu warna, sekarang saatnya bereksperimen dengan motif garis-garis, polkadot, floral, serta beludru pada sofa dan cushion.

Meskipun kain yang digunakan sama halus, motif bisa membuatnya tampak bertekstur. Kain seperti beludru biru pada sofa juga bagus untuk dipakai karena memiliki tekstur aslinya. Selain itu, karpet bermotif bisa pula digunakan agar bagian lantai terlihat lebih beragam.

Furnitur besar lebih rapi pada ruang tamu

furnitur besar lebih rapi
source : freshome.com

Furnitur kecil-kecil tetapi bervariasi malah membuat interior ruang tamu tampak berantakan. Biasanya, penyebab furnitur-furnitur kecil tersebut tidak rapi adalah bagian kakinya yang terlalu banyak dan membingungkan mata. Lantas, mengapa tidak langsung memilih furnitur besar saja?

Sofa-sofa lebar dengan bagian kaki tertutup membuat ruang tamu terlihat padat. Namun, jika Anda masih ingin menunjukkan kaki beberapa furnitur, ruang tamu tetap akan terkesan luas. Contohnya adalah meja dan kursi paling depan pada gambar. Ukurannya memang besar tetapi pas untuk ruang tamu tersebut. Selain itu, furnitur dengan kaki yang bentuknya unik tentu akan lebih menarik daripada yang biasa saja.

Penempatan juga harus diperhatikan. Kelemahan furnitur besar adalah tampak aneh jika dihimpitkan dengan yang lain, terutama jika modelnya berbeda. Solusinya yaitu memberi jarak atau space pada setiap furnitur dan meletakkannya secara berkeliling.

Menentukan titik utama ruangan

menentukan titik utama ruangan
source : impressiveinteriordesign.com

Maksud dari titik utama ruangan adalah lokasi paling menarik, yaitu ketika seseorang memasuki interior ruang tamu tersebut, pandangannya akan langsung mengarah ke sana. Yang menjadi titik utama bisa apa saja, sofa dengan model paling unik, meja, namun biasanya adalah televisi.

Ruang tamu terkadang juga menjadi tempat untuk menonton bersama keluarga. Oleh karena itu, televisi dapat diposisikan di dinding tengah.

Dengan dekorasi ruang tamu kecil Anda yang pas seperti memberi pilar di sisi kiri-kanannya, televisi bisa tampak menonjol di antara barang-barang lainnya di ruang tamu.

Pencahayaan yang sesuai pada ruang tamu

pencahayaan yang sesuai
source : realhomes.com

Pencahayaan ruang tamu yang merilekskan bisa membuat penggunanya merasa nyaman. Bahkan, warna cat ruang tamu sempit Anda akan tampak lebih estetik karena pencahayaan. Penempatan jendela dengan ukuran yang pas bisa mendistribusikan cahaya alami lebih baik ke dalam interior ruang tamu. Pemilihan kaca juga mempengaruhi karena kaca yang terlalu clear memasukkan terlalu banyak cahaya ke dalam rumah, akhirnya ruang tamu Anda akan silau. Sebaliknya, jika kaca terlalu banyak menahan sinar matahari untuk masuk, ruang tamu bisa tampak gelap. Jenis kaca yang dapat digunakan untuk ruang tamu adalah kaca cermin dan kaca es atau kaca tekstur.

Lampu juga penting untuk ruang tamu sebab lampu akan membantu mempertahankan rasa nyaman tersebut hingga malam hari. Lampu yang berpendar dan mengarahkan cahaya ke bawah seakan-akan mengajak penggunanya untuk duduk bersantai. Lagi, jangan gunakan lampu yang terlalu terang maupun terlalu gelap.

Namun, untuk warna cahayanya bisa disesuaikan dengan interior ruang tamu Anda. Lampu kekuningan cocok untuk ruangan yang bernuansa kayu. Sementara, ruangan yang cenderung lebih modern dan bercat abu-abu seperti pada gambar cocok menggunakan lampu bercahaya putih.

Hias interior ruang tamu dengan yang artistik

hias dengan yang artistik
source : pinterest.com

Ruang tamu menjadi hidup jika mengandung lebih banyak unsur kreativitas di dalamnya. Jangan ragu menampilkan hasil karya Anda atau keluarga pada interior ruang tamu. Hasil karya itu bisa jadi lukisan anak-anak Anda atau milik Anda sendiri.

Susun membentuk suatu pola pada dinding, jangan terlalu tinggi maupun rendah, proporsikan juga dengan furnitur di sekitarnya. Selain itu, tambahkan pula pigora yang sesuai dengan tema ruang tamu, jangan hanya sekedar menempelkan. Penataan hasil karya yang teratur akan membuat ruang tamu tampak rapi.

Sebagai tambahan, akan lebih baik jika hasil karya diletakkan di dekat lampu. Itu karena cahaya dari lampu bisa menyorotinya dan memberi efek bagus.

Bunga dan pengharum ruangan

bunga dan pengharum ruangan
source : madebymood.com

Bunga yang harum dan segar bisa melembutkan suasana interior ruang tamu. Tempatkan bunga dalam vas kaca yang telah diisi air agar tahan hingga beberapa hari. Bunga yang paling lumrah dipakai adalah mawar, namun Anda bisa mencari variasi bunga lainnya seperti lavender.

Untuk ruang tamu yang terkesan feminim seperti pada gambar, bunga memang sangat cocok. Namun, jika Anda tidak terlalu suka bunga dan merasa bunga tidak sesuai dengan interior ruang tamu, Anda bisa menggantinya dengan pengharum ruangan lainnya, baik yang sama-sama alami maupun buatan.

Pengharum ruangan buatan banyak dijual di pasaran dan terdiri dari beraneka macam aroma seperti buah-buahan, makanan, dan lain sebagainya, bisa dipilih sesuai kesukaan. Anda lantas dapat menggantungkannya di depan pendingin ruangan seperti kipas dan AC agar baunya menyebar. Jika merasa pengharum alami lebih go green, Anda bisa menggunakan biji kopi dan coba mencari tahu bagaimana mengolahnya menjadi pengharum ruangan yang merelaksasikan.

Nah, itu tadi adalah tujuh tips yang bisa dilakukan untuk memperindah interior ruang tamu. Selamat mencoba!